SERBA-SERBI GOLONGAN DARAH

Kadang-kadang,,, sempet kepikiran ga sih guyz, kenapa golongan darah kita tuh pada beda-beda?? Kenapa ga disamain semuanya aja ya????

Kayaknya,,, buat ngejawab itu semua,, kita harus flashback dulu dech ke masa lalu.

Jadi gini,, zaman dulu,,, orang-orang belum tahu kalau tiap orang tuh punya golongan darah yang beda-beda. Jadi kalau ada yang membutuhkan transfusi darah,, mereka asal aja mentransfusi darahnya. Jadi, jangan heran kalau ada beberapa kasus kematian yang dialami para resipien setelah dilakukannya proses transfusi darah. I well,,,,!!! Alasannya ya,,, tentu aja karena perbedaan golongan darah tadi.

Hal ini terjadi selama beberapa tahun. Sampai akhirnya,, golongan darah ditemukan oleh Karl Landsteiner (1868-1947). pada saat itu, ia menemukan 3 golongan darah, yakni A, B, dan 0 (nol) –yang sekarang lebih dikenal dengan O- . Sedangkan golongan darah AB baru ditemukan beberapa tahun setelahnya. Pemberian nama golongan darah ini ditentukan berdasarkan jenis aglutinogen (zat didalam eritrosit -sel darah merah-, disebut juga sebagai antigen) dan aglutinin (zat didalam plasma darah, disebut juga sebagai antibodi). Ada 2 jenis aglutinogen dan aglutinin, yakni aglutinogen A dan aglutinogen B, serta aglutinin a dan aglutinin b.

Untuk lebih memahami tentang perbedaan golongan darah ini dapat dilihat pada tabel berikut:

Golongan Darah

Aglutinogen dalam Eritrosit

Aglutinin dalam Plasma Darah

A

A

b

B

B

a

AB

A dan B

O

a dan b

Tapi,,,, diantara ke-4 golongan darah tadi, ada 2 golongan darah yang cukup istimewa. Yakni,, golongan AB dan O.

Koq bisa begitu????

Sebenarnya yang membuat “mereka” istimewa adalah karena keduanya disebut sebagai donor universal N resipien universal. Alasannya karena,, golongan darah O dapat ditransfusikan kepada orang yang bergolongan darah lain (donor universal). Sedangkan golongan darah AB,, dapat menerima semua golongan darah yang ditransfusikan kepadanya (resipien universal).

Mungkin alasan itu pula lah yang menyebabkan jumlah orang yang mempunyai golongan darah O menjadi banyak di dunia (yang terbanyak), sedangkan orang yang bergolongan darah AB,, jumlahnya sedikit (yang paling sedikit). Itulah yang membuat keduanya unik.

Eh,, tau ga,, padahal dari dulu, aq tuh wish banget buat punya golongan darah AB. Tapi setelah di tes,, ternyata golongan darahQ A. Tapi,, meski begitu, aq harus tetap bersyukur, karena bagaimanapun juga,, itu semua adalah pemberian Tuhan kepadaQ. Setuju ga???

3 Komentar (+add yours?)

  1. Kiky
    Jun 04, 2009 @ 14:45:23

    katanya selain golongan darah A,B,O, dan AB, masih ada sub-golongan darah
    itu bener nggak?

    Balas

    • anggrie
      Jun 09, 2009 @ 05:12:48

      aq pernah denger ada golongan darah K. tapi gtw juga. Aq denger,, yang punya golongan darah ini cuma ada puluhan orang di dunia. tapi gtw kebenarannya, lgpula aq juga belum pernah punya temen yang punya golongan darah K.

      Balas

  2. ?
    Jun 08, 2009 @ 13:49:11

    hey ! (:

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Song Lyrics

Lirik Lagu Indonesia Terbaru
%d blogger menyukai ini: