FACEBOOK HARAM???!!! SETUJU GA????

Enggak……..!!!!! Pazti kata itulah yang terlontar dari mulut qta smua (terutama yang usianya < 17 tahun). Ya ga??? Udah ngaku aja deh!! Lagipula,, Saya juga gitu koq,, hehehe,,,,,

Jujur,,, saya sebagai penulis juga aga2 kagok buat ngebahas masalah ini (soalnya saya juga usia saya juga < 17 tahun). Tapi yaa,,,, mau gmana lagi??? Sebagai seorang facebooker (istilah yg saya gunakan untuk orang yang punya facebook),, harus saya akui bahwa saya juga menolak fatwa MUI yang menyebutkan bahwa situs jejaring sosial (facebook) merupakan hal yang haram bagi orang yang usianya 17 tahun.

Padahal,, menurut saya, apakah ada alasan yang logis mengenai penyebab “diharamkannya” situs jejaring sosial tersebut.

Apakah,,, alasannya karena sang pembuat facebook -Mark Zuckerberg – adalah seorang yang beragama yahudi?? Tapi,,, apakah hal ini bisa menjadi patokan dalam menetapkan sebuah fatwa??? It’s not logic, is it??? Lagipula yang namanya teknologi kan tidak memandang agama dari si pembuat teknologi, tapi dilihat dari manfaat dan pengaruh dari teknologi tersebut. Ya ga?? Besides,, pengaruh yang dibawa facebook juga cukup baik.

Maaf,, tapi bukannya saya tidak sopan terhadap MUI yang telah memfatwa bahwa “facebook adalah haram”. Tapi saya hanya mengajukan pendapat dan kritik saja.

Tapi,,, belakangan juga qta ketahui bahwa PBNU, juga menghimbau kepada qta agar tidak “mengaitkan” facebook dengan HALAL-HARAM. Yaa,,, menurut saya sepertinya PBNU juga tidak terlalu setuju dengan fatwa tersebut.

Jika melihat dilema tersebut,, maka, apakah wajib MUI mengeluarkan fatwa tersebut????

Jawabannya tergantung qta sendiri. Sebagai seorang facebooker,, setujukah anda dengan fatwa tersebut????

Seperti yang telah saya katakan di awal,, saya juga tidak setuju dengan hal ini. Alasannya mungkin juga sama dengan alasan para facebooker lain,, yakni qta bisa memperoleh banyak manfaat dari facebook ini.

Salah satunya,, selain qta bisa narsis2an mengunggah (meng-uplod) foto atu tulisan qta, qta bisa juga memperoleh banyak teman dari seluruh penjuru dunia melalui situs jejaring sosial ini. Selain itu,, qta juga bisa saling memberi komentar terhadap foto2 atau tulisan semua teman qta. Bahkan,, qta bisa juga melakukan chatting melalui fasilitas chatboxnya.

Nah,,, kalau dilihat dari pernyataan2 tadi,,, apakah ada hal yang mencirikan bahwa hal tersebut adalah haram??? Menurut saya tidak ada. Lagipula,,, haram atau tidaknya facebook itu,, tergantung dari facebooker itu sendiri. Kalau si facebooker Cuma memakai facebooknya untuk melakukan hal yang biasanya dilakukan didalam facebook,, maka tentunya hal tersebut tidak bisa disebut sebagai hal yang haram. Ya ga???

Tapi kalau misalnya facebook itu dipakai buat hal2 yang “tidak pantas”, seperti dipakai mengunggah atau mengunduh video yang “macam2”, maka tentu saja hal tersebut merupakan hal yang haram.

Tapi,, sekali lagi saya ingatkan, bahwa disini saya hanya mengutarakan pendapat dan kritik saya terhadap permasalahan yang saya anggap cukup menarik untuk dibahas. Jadi seandainya ada di antara pembaca yang merasa tersinggung,, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Setelah saya meminta pendapat terhadap beberapa teman saya,, baik yang mempunyai facebook maupun yang tidak,, ternyata hampir semuanya tidak setuju dengan fatwa tersebut. Berikut pendapat teman2 saya beserta alasan mereka mengenai diharamkannya facebook:

Ilham: “Saya tidak setuju, sebab saya merasa tidak ada hal yang harus diharamkan dari sebuah facebook. Lagipula,, selama saya mempunyai facesook, saya juga tidak pernah melakukan hal2 yang ‘tidak pantas’ dengan facebook saya.”

Rara: “Meskipun saya belum mempunyai facebook, tetapi saya tetap tidak setuju dengan fatwa tersebut. Lagipula facebook ini kan merupakan sebuah teknologi,, kenapa harus diharamkan??? Kenapa sih tiap ada teknologi yang masuk ke Indonesia, kadang2 suka dibatasi?? Harusnya kan didukung!!”

Nazhar/Dzul/Jay: “Aq mah ga setuju!!! Soalnya Aq kan pengguna facebook. Lagipula haram atau tidaknya facebook itu ditentuin sama masing2 orang. Kalau mau,, kenapa ga sekalian semua fasilitas interent aja yang diharamin???!!”

(I,,, well, hati2 dzul kalau ngomong teh!!!)

Husna/Una:”Tidak setuju,,!!! Sebab, dengan facebook, qta kan bisa bersilaturahmi dengan kerabat atau teman yang jauh. Lagipula,, bukannya silaturahmi itu merupakan hal yang dianjurkan oleh agama??? Jadi, kenapa harus diharamkan???”

Arika: “Karena saya tidak punya facebook dan saya orangnya cukup religius (Narsis), jadi saya setuju dengan hal tersebut. Dan kayaknya memang lebih baik dech kalau misalnya facebook itu buat orang yang usianya udah 17 tahun keatas aja. Jadi buat yang belum 17 tahun aja, ntar juga kesampean koq!!”

Itulah beberapa pendapat dari teman2 saya. Dan sama seperti saya, nampaknya sebagian dari mereka memang tidak setuju dengan hal tersebut. Tapi,, sekali lagi saya ingatkan, saya disini hanya mengutarakan pendapat, keputusam terakhir tetap berada di tangan anda. So,,, if you become falter about it, be wise friend!!! Hehehe,,,

Thanx!!

5 Komentar (+add yours?)

  1. dedekusn
    Jun 02, 2009 @ 14:19:58

    Sudah sejak beberapa hari yang lalu kan MUI mengatakan facebook ga haram selama tidak digunakan untuk hal-hal maksiat.
    Beberapa ulama juga sepakat bahwa facebook tidak haram.

    Balas

  2. unarara
    Jun 04, 2009 @ 06:16:02

    tapi menurut saya bagaimana memakainya saja

    Balas

  3. Kiky
    Jun 04, 2009 @ 14:34:22

    semua itu kan tergantung orang yang menggunakannya. kalau semua orang menggunakan facebook untuk hal yang tidak benar, baru boleh dinyatakan haram.

    betul?

    Balas

  4. the warrior
    Jun 08, 2009 @ 02:47:14

    menurut aku sih ya harus inget waktu aja n jangan melakukan hal yg negatif.
    setuju………………!

    Balas

  5. dimaz loezmokoe
    Jun 08, 2009 @ 09:14:11

    tidak setuju…. karena facebook bisa membuat kita banyak teman

    Balas

Tinggalkan Balasan

Song Lyrics

Lirik Lagu Indonesia Terbaru
