FOBIA

Fobia,, ya, kata yang mungkin dimiliki oleh hampir setiap orang (Termasuk mungkin aku). Tidak bisa dijelaskan mengapa tiap orang bisa  mengalami hal tersebut. Ada yang mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh trauma masa kecil. Sebab ada tetangga dari teman saya yang fobia pada minyak kayu putih (sebab pada saat masih bayi, dia tanpa sengaja pernah menelan minyak kayu putih). Tapi,,, seingat aku, aku belum pernah punya trauma terhadap hal tersebut. Harus diakui, aku punya sedikit rasa  takut terhadap sesuatu (hewan). Tapi aku tidak bisa mengatakannya.

Ok. Sekarang kita lihat arti dari kata fobia itu sendiri. Fobia berasal dari Bahasa Yunani, phobos (phobos), yang artinya takut. Jadi,, arti fobia menurut bahasa adalah takut. Sedangkan arti secara istilah adalah, perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu. Tapi jika iya,,, berarti aku bukanlah penderita fobia. Sebab sebenarnya aku juga tidak terlalu takut pada hewan itu. Maksudnya,, aku tidak sampai berteriak histeris atau sampai pingsan gara-gara melihat hewan itu. Aku hanya ga suka aja melihat tubuh hewan itu. Kayaknya gimana,, gitu.

Fobia ada bermacam-macam. Ada fobia terhadap gelap (achluphobia), fobia pada hewan liar (agrizoophobia), fobia benda asimetris (asymmetriphobia), fobia air (hydrophobia), fobia ruang sempit (clausthrophobia), fobia ketinggian (aerophobia), dll.

Jika dilihat dari jenis-jenis fobia diatas, maka (mungkin) aku termasuk agrizoophobia. Tapi,, aku ga ngerasa kalau aku fobia. Mungkin ini hanya perasaan aku saja.

Tapi, ada juga beberapa teman saya yang mempunyai fobia terhadap hal-hal yang mungkin kita anggap biasa. Misalnya teman saya Deni, dia laki-laki. 16 tahun, tapi sangat-sangat takut pada kucing. Mungkin kita mengganggap hal itu sebagai hal yang aneh. Tapi,, kita tidak bisa menghilangkan perasaan itu. Semuanya butuh proses. Sama seperti aku.

TIPS MENGURANGI FOBIA

(SEMOGA BISA BERMANFAAT)

Nah,, apakah Anda termasuk orang yang mengalami fobia. Seandainya jawabannya ya, saya memiliki sedikit saran yang mungkin bisa Anda coba.

–                           Seandainya Anda termasuk orang yang fobia terhadap hewan, maka berusahalah untuk mulai “menyukai” hewan tersebut (meskipun dalam keadaan sebenarnya, Anda sangat membenci hewan itu). Sama seperti yang telah saya lakukan. Dan hasilnya,, sekarang saya sudah tidak terlalu takut pada hewan itu. Hehehe,,,

–                           Jika Anda merupakan orang yang fobia terhadap benda-benda, air, ketinggian, gelap atau yang lainnya, berusahalah untuk tidak memikirkan hal-hal yang membuat anda semakin takut. Contohnya, jika Anda takut gelap, (dan kebetulan Anda sedang berada di ruangan gelap) berusahalah untuk tidak memikirakn hal-hal yang membuat Anda semakin takut. Buatlah diri Anda rileks dan berpikirlah dengan tenang.

–                           Sedangkan untuk yang lainnya, seperti takut akan air, berusahalah untuk mulai “menyukai” air, meskipun berat, tapi usahakanlah.

–                           Dan terakhir, seandainya Anda tidak sanggup melakukannya sendirian (dan saya juga menyarankan, sebaiknya jangan dilakukan sendirian), maka ajaklah beberapa teman Anda (yang tidak punya fobia) yang mungkin  bisa membantu Anda mengurangi rasa takut Anda.

Thanks!! Semoga bisa bermanfaat buat semuanya!!

1 Komentar (+add yours?)

  1. SEFT
    Mei 06, 2010 @ 09:02:45

    coba dengan membaca buku SEFT mungkin bisa membantu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Song Lyrics

Lirik Lagu Indonesia Terbaru
